Filsafat ilmu


Soal UTS filsafat Ilmu:
1. Filsafat ilmu adalah suatu penyelidikan tentang ciri-ciri pengetahuan ilmiah dan cara untuk mendapatkannya. Jika saat ini anda sedang kuliah di fakultas syari’ah jurusan AS, apakah AS merupakan pengetahuan ilmiah atau bukan? Jelaskan pendapat saudara dan berikan argumen-argumen ilmiah untuk jawaban tersebut.
2. Adakah perbedaan antara ilmu dan pengalaman? Jelaskan
3. Metode ilmiah adalah metode untuk memperoleh ilmu pengetahuan dengan cara menggabungkan pengalaman dan akal sebagai pendekatan bersama. Terangkan apa yang dimaksud dengan penggabungan tersebut dan bagaimana prakteknya. Bisakah metode tersebut digunakan untuk islamic studies.
Jawaban:
1. Ya, karena AS adalah ilmu pengetahuan karena sudah memenuhi syarat yaitu pengetahuan yang mempunyai sistem dan metode tertentu dan sistematik.
2. Ada, perbedaannya adalah:
a. Kalau ilmu itu didapatkan dengan cara belajar, mengamati dan berfikir, serta ditangkap oleh indrawi kemudian diterima oleh akal dan disusun secara sistematis berdasarkan penalaran.
b. Kalau pengalaman berdasarkan fakta empiris.
3. Yang dimaksud dengan penggabungan tersebut pengalaman sebagai sumber ilmu itu diperoleh sedangkan akal sebagai penalar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan tersebut.

0 Response to "Filsafat ilmu"

Poskan Komentar